Musrenbang Nagari Limo Kaum

operator 09 Februari 2020 22:18:05 Berita Desa

 

Musrenbang Nagari Limo Kaum 

Berbagai usulan, rencana pembangunan di tiap nagari terus mengapung, berupa rencana program dan kegiatan, mulai fisik dan non fisik yang diusulkan melalui pra Musrenbang pada tanggal 27 Februari 2020 dengan mengedepankan prinsip prioritas dan tingkat kebutuhan masyarakat untuk mendukung tercapainya kesejahteraan masyarakat.

Pemerintah Kabupaten Tanah Datar melalui tim  Pembina Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) kabupaten kembali jemput bola ke nagari-nagari secara terjadwal terus digulir untuk mematangkan perencanaan pembangunan tahun 2021.

Begitu juga Nagari Lima Kaum Kecamatan Lima Kaum yang melaksanakan Musrenbang di kantor Wali Nagari setempat, Kamis (6/2/2020), yang dihadiri Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma bersama Ketua Tim V Pembina Musrenbang Kabupaten Novenfril,Anggota DPRD Dapil II, Camat Lima Kaum Hendra Setyawan, bersama Forkopinca, tokoh masyarakat dan ratusan warga masyarakat setempat.

Wali Nagari Limo Kaum Gusril sampaikan usulan program kegiatan prioritas terbagi dalam tiga kelompok yaitu bidang ekonomi, sarana dan prasarana serta bidang sosial budaya. Untuk mengakomodir sejumlah kegiatan yang diusulkan ke kabupaten dan ditargetkan terealisasi dengan baik ini, nagari Lima Kaum mengangkat dengan tema "Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui ekonomi nagari dan SDM dalam kelola pemerintahan yang baik”.

Gusril tambahkan, untuk peningkatan bidang ekonomi, berdasarkan hasil musyawarah nagari, diprioritaskan pembinaan sumberdaya manusia melalui program BUMNag .

Nagari Limo Kaum juga melakukan pelayanan kepada masyarakat melaui aplikasi, untuk saat ini sistem administrasi antar nagari dengan jorong sedang dilakukan percobaan program tanda tangan digital bekerjasama dengan Dinas Kominfo Tanah Datar. “Insya Allah secepatkan akan terlaksana,” ungkap Gusril.

Menanggapi paparan walinagari Limo Kaum, Wakil Bupati Zuldafri Darma, sampaikan usulan kegiatan tidak harus terfokus pada fisik semata, namun diseimbangkan dengan non fisik.
Pembangunan fisik memang dapat dinikmati langsung oleh masyarakat, sementara non fisik seperti pemberdayaan memang tidak dapat langsung dirasakan, namun akan dapat menopang kemajuan pembangunan daerah.

"Pembangunan di bidang pemberdayaan juga penting, seperti halnya peningkatan kualitas SDM di nagari, pembinaan UMKM, peningkatan kualitas pemahaman adat, agama, budaya bagi generasi penerus dan sebagainya juga akan berpengaruh terhadap kemajuan nagari dan juga daerah," sampai wabup.
Wabup juga apresiasi Nagari Limo Kaum dengan berbagai
program dan terobosan yang dibuat agar menjadi nagari percontohan di Kabupaten Tanah Datar. Salah satunya program informasi yang disampaikan kepada masyarakat melalui teknologi, sehingga masyarakat lebih cerdas dengan berbagai potensi yang ada dan informasi pun diperoleh secara transparan dan akuntabel.

Adrijinil Simabura, Anggota DPRD Tanah Datar, dalam sambutannya mengatakan, Musrenbang nagari Limo Kaum mendapat dukungan yang besar dari masyarakat nagari. Hal ini terlihat dengan ramainya masyarakat nagari yang mengikuti musrenbang ini.

“Untuk itu kami dari seluruh anggota DPRD Tanah Datar yang berasal dari sangat mengaprisiasi kinerja dari wali nagari,” kata Adrijinil.

Menyikapi anggaran yang semakin besar diakokasikan pada nagari Limo Kaum, lanjutnya, kita bersyukur dan berharap pembangunan nagari akan semakin baik dan merata di setiap jorong. Namun penggunaan dana ini tentu juga perlu pengawasan, dan perencanaan yang matang, termasuk dalam masalah.

Wilayah Nagari

Aparatur Nagari

Wali Nagari Sekretaris Wali Nagari Kasi Pemerintahan Kaur Umum Kepala Urusan Keuangan Kasi  Pelayanan Kasi Kesejateraan Petugas Register Nagari Kaur Perencanaan

Info Media Sosial

Facebook

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung